cara mengatasi gagal upload dokumen pada sscn.bkn.go.id

Ada yang bertanya Saya gagal Upload dokumen? Lalu bagaimana cara mengatasi gagal upload dokumen pada portal sscn.bkn.go.id. Kegagalan upload dokumen mungkin disebabkan banyak faktor, seperti server overload, jaringan yang tidak stabil, kecepatan modem/wifi serta tidak sedikit orang yang tidak membaca Panduan secara teliti dan seksama. Seperti diketahui bahwa, dokumen persyaratan pendaftaran yang dapat di unggah pada portal sscn.bkn.go.id  yaitu : 1) KTP, 2) foto, 3) Swafoto / selfie, 4) ijazah, 5) transkrip nilal, 6) surat lamaran dan 7) Untuk semua dokumen persyaratan lain-lain. Jadi semua dokumen lain-lain sesuai persyaratan masing-masing formasi selain dokumen di atas diunggah dijadikan 1 (satu) file. Contoh bila ada 3 dokumen lain-lain, maka dokumen tersebut harus diunggah dijadikan 1 (satu) file, sehingga memuat semua dokumen lain-lain sesuai persyaratan masing-masing formasi.

Terkait ketentuan Nomor 7 ini, para calon peserta seleksi CPNS dimohon berhati-hati. Jika instansi yang Anda lamar mempersyaratkan dokumen lain, maka dokumen lain ini harus Anda upload. Jangan dulu Certa Kartu Pendaftaran SSCN jika ada persyaratan dokumen lain dan Anda belum menguploadnya. Ini agar Anda bisa lulus Seleksi Administrasi  
Jadi salah satu cara mengatasi gagal upload dokumen pada portal sscn.bkn.go.id.adalah memastikan ukuran dokumen tidak melebih yang dipersyaratkan. Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftar Sistem Seleksi CPNS Nasional Tahun 2018. Berikut ini  tipe  dokumen  dan  ukuran  yang  dapat  diunggah  ke system SSCN dengan maksimal ukuran dan jenis file :


1)  KTP : 200 kb / jpeg, jpg
2)  Pass photo : 200 kb / jpeg, jpg
3)  Ijazah : 700 kb / .pdf
4)  Transkrip Nilai  : 500 kb / .pdf
5)  Surat Lamaran : 300 kb / .pdf
6)  Dokumen Lainnya: 700 kb / .pdf

Jadi periksa dokumen ukuran dokumen Anda. Jika ukuran dokumen Anda lebih besar dari yang dipersyaratkan sudah pasti akan gagal Upload. Oleh karena itu, Jika Ukuran dokumennya masih terlalu besar perkecil ukuran tersebut namun tidak mengurangi kualitas dokumen (jangan buram dll). Bagiamana cara merubah Ukuran Dokumen ? Banyak Cara yang paling mudah dan praktis gunakan Microsoft Office Picture Manager. Pilih foto yang akan diedit atau diubah ukurannya, Buku Foto tsb (klik ganda atau lainnya), kemudian KLIK EDIT PICTURE, kemudian Klik RESIZE kemudian isi PERCENTAGE OF ORIGINAL di bawah 100, kemudian klik OK kemudian Klik SAVE / SIMPAN. Kemudia cek ulang ukaran file tersebut, Jika masih terlalu besar kecilkan lagi.


 cara mengatasi gagal upload dokumen pada portal SSCN

Lalu bagaimana mengecilkan ukuran PDF, seperti untuk memenuhi persyaratan Ungguh dokumen Nomor 7 atau Unggah dokumen lain. Misalnya kita ingin dalam satu file pdf ada 3 dokumen. Cara bisa menggunakan compres pdf tetapi yang lebih mudah adalah Simpan dulu file yang akan kita ungguh dalam bentuk gambar seperti jpg, png dll kemudian PERKECIL UKURAN file foto/gambar tersebut satu persatu. Misalnya Karena ketentuannya maksimal 700 KB, maka jika kita ingin dalam satu PDF tersebut ada 3 dokumen, maka ukuran tiap foto tersebut tidak lebih dari 200 Kb. Kemudian jadikan ke 3 foto tersebut dalam satu file PDF bisa dengan menggunakan software Image To PDF atau bisa secara manual mengggunakan dokumen word pilih save pdf atau print pdf.

Demikian info singkat tentang cara mengatasi gagal upload dokumen pada portal sscn.bkn.go.id.mudah-mudahan bisa membantu terutama bagi yang masih awam dalam masalah ICT. Terima kasih, semoga bermanfaat.