60+ Model Kandang Kelinci yang Aman, Bersih dan Sehat

Model Kandang Kelinci - Kelinci adalah salah satu binatang yang menyenangkan, maka tentu saja dalam memberikan kenyamanan baginya anda harus menyiapkan sebuah kandang yang sehat, bersih dan mudah memberikan ruang gerak kepada kelinci sehingga bisa tumbuh kembang dengan baik. Ada beberapa jenis kelinci yang sampai sekarang populer salah satunya adalah kelinci pedaging dimana biasa diternak oleh banyak orang anda bisa membuat jenis kandang yang berpariasi mulai dari anakan samapi dengan umbaran.

Sebelum memulai ternak kelinci anda harus menyiapkan dulu kandangnya dimana idealnya kandang memang harus bisa memberikan ruang gerak yang luas bagi kelinci sehingga mengurangi dari rasa stress kemudian juga tentu saja anda bisa membuat kandang dari beberapa jenis bahan yang murah misalkan saja kayu kemudian bambu dan kawat misalkan.

Jika Anda ingin membuat kandang untuk bayi kelinci, perhitungkan bahwa ia akan tumbuh selama beberapa bulan ke depan, jadi pilihlah kandang yang dapat menampung ukuran tubuhnya sampai ia dewasa. Banyak kandang kelinci yang dijual di toko-toko hewan peliharaan sebenarnya terlalu kecil namun bisa anda gunakan juga untuk sementara saja nah dibawah ini beberapa desain model kandang kelinci yang bisa anda simak.

Model Kandang Kelinci



Pastikan kandang Anda memiliki lantai yang kokoh. Banyak kelinci menderita penyakit yang dinamakkan dengan pododermatitis, di mana mereka mengalami luka tekan di bagian belakang kaki belakang karena duduk di lantai keras atau tempat tidur basah. 

Jaring kawat kandang adalah lantai yang sama sekali tidak cocok dan sangat tidak nyaman untuk kelinci, karena akan membuat kakinya bisa saja terjepit dan lain sebagainya maka usahakan membuat lantai yang sedikit empuk untuk kenyamanan kelinci anda. Jika sangkar Anda memiliki dasar kawat, Anda harus menutupinya dengan sesuatu, seperti sepotong kayu lapis, lalu tutup dengan alas tidur intinya yang rada empuk.


Nah sedangkan untuk bagian sampingnya neh kandang kelinci anda bisa deh menggunakan kawat karena akan memberikan sirukulasi udara yang bagus bagi kesehatan kelinci. Pertimbangkan kandang terbuka juga bisa anda coba namun idelanya memang dari sisi tinggi minimal 80 cm itu sudah bagus untuk kandang.

Pastikan bagian bawah sangkar memiliki pelindung urin dimana ini akan memudahkan anda dalam membersihkan kandang kelinci anda sehingga akan tetap bersih dan sehat sehingga tidak terlalu bau. Jikapun anda ingin kotoranya tidak bau maka bawah kandang sesekali bisa disemprot menggunaka EM4. Selain itu anda juga bisa menyediakan sebuah kota kecil dimana nanti kelinci dibiasakan buang air disana namun ini memang butuh penyesuaian jika sudah terbiasa akan semakin mudah tentu saja.

Untuk penempatan kandang sendiri idealnya memang harus di lokasi yang tidak sumpek dan banyak debunya dimana anda bisa memilih area area dengan sirkulasi udara yang baik sehingga kelinci anda sehat tidak terserang dengan debu. Dimana tentu saja sama dengan jenis hewan lainya kelinci juga sangat membutuhkan yang namanya sinar matahari demi kesehatan tubuhnya.

Di sisi lain anda juga harus bisa memahami kraktristik dasar hewan ini dimana kelinci tidak begitu suka dengan suara yang bising kemudian ada gerakan secara spontan maka dari itu disinilah sangat penting yang dinamakan bagaimana anda bisa mendesain kandang yang kokoh bagi kenyamanan kelinci di rumah anda. Sedangkan untuk desain dan posisi kandang juga anda harus bisa mendesain supaya kelinci anda tetap aman dari pemangsa dan hewan buas lainya misalkan jika di rumah anda ada anjing maka ini juga harus di pertimbangkan dari sisi safetinya.


Kelinci merupakan salah satu hewan yang sangat suka masuk ke dalam lubang. Anda bisa membuat desain kandang yang unik mdoel seperti ini sehingga kelinci anda bisa berpindah kemana kandang yang kiranya membauat dia nyaman. Selain menggunakan Pipa dari jenis anda juga bisa menggunakan bahan lain tentu saja tinggal di kreasikan saja.
Untuk menciptakan kelinci yang lebih sehat ada kalanya memang anda juga harus membuat kandang umbaran yang lebih besar. Nah dibawah ini kamu bisa temukan banyak sekali jenis dan model kandang umbaran, kemudian ternak yang bisa kalian buat sendiri atau mengggunakan jasa orang demi memberikan kenyamanan kepada kelinci anda.

Ok dibawah ini kami sajikan sedikit tips bagi anda mengenai beberapa point penting yang harus di perhatikan jika anda memelihara kelinci di dalam rumah dimana ini sangat penting untuk di perhatikan hal hal sepela ini sangat berpengaruh sekali demi kelangsungan kehidupan kelinci anda berikut beberapa tipsnya.




Jika anda memiliki bekas akuarium maka bisa di manfaatkan untuk kandang kelinci. Perhatikan salah satu desain kandang kelinci dari kaca ini sangat bagus memang namun baiknya bagian atas tetap ada pentilasi yang memberikan ruang udara masuk dengan baik.

Beberapa tips memelihara kelinci yang harus anda ketahui!
  1. Simpan di kamar terpisah usahakan jangan sampai satu ruangan dengan anda
  2. Angkat kandang kelinci Anda dari tanah, idelanya bisa diberikan janggal dibawah beberapa cm saja
  3. Buatkan beberapa ruangan kecil didalam kandang sehingga kelinci anda bisa bersembunyi disana
  4. Lapisi kandang dengan tempat tidur. Kelinci membutuhkan bantal yang tebal untuk melindungi kakinya dari luka.Bahan yang biasa digunakanjerami, serbuk gergaji atau jerami.
  5. Bersihkan tempat tidur setiap hari
  6. Sediakan makanan untuk kelinci Anda. Rumput adalah makanan yang ideal untuk kelinci, dan jerami adalah pengganti yang sangat baik. Jika memungkinkan, beri makan kelinci Anda hanya dengan jerami, agar gigi mereka tetap rapi dan mereka tidak akan menjadi kelebihan berat badan.
  7. Berikan buah atau sayuran segar setiap hari, tetapi cobalah untuk memberikan sesuatu yang berbeda setiap hari untuk menciptakan diet seimbang.
  8. Jika Anda memiliki lebih dari satu kelinci, berikan satu mangkuk untuk setiap kelinci, plus cadangan. Tempatkan mangkuk di sekitar kandang sehingga satu kelinci tidak dapat memonopoli semua mangkuk.
  9. Berikan air untuk kelinci Anda. Mangkuk-mangkuk air dapat dengan mudah dibalikkan atau dikotori dengan pelet, jadi peminum sipper lebih disukai. Ganti air setiap hari agar selalu segar. Cuci juga peminum setiap hari, dan jangan pernah menggunakan peminum yang dihitamkan oleh alga.
  10. Taruh beberapa mainan yang menyenangkan di dalam kandang. Mainan memberikan pengayaan dan hiburan untuk kelinci. Sediakan mainan untuk kelinci mainkan, seperti tabung kardus atau kardus berlubang. Beberapa kelinci bahkan akan bermain dengan mainan seperti bola dengan lonceng di dalamnya.
  11. Kelinci suka mengunyah jadi sediakan beberapa cabang kayu kebun yang kokoh (apel, pir, prem, ceri) atau Anda dapat membeli kelinci komersial dari toko hewan peliharaan. 














Ok sahabat semua diatas adalah sedikit ulasan mengenai kumpulan desain model kandang kelinci yang bisa kami sajikan selain itu anda juga bisa menemukan tips tips sederhana mengenai bagaimana merawat kelinci dengan baik semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel