160+ Nama Nama Jenis Bunga dan Gambar Terlengkap

Ada banyak sekali macam macam jenis dan nama bunga yang sampai sekarang sudah ada di Indonesia bahkan di yang sedang terkenal sampai dengan mancangeraga. Buat kamu pecinta bunga memang menjadi sebuah keindahan tatkala bisa menanam sendiri, kemudian menunggu sampai bunga bunganya bemekaran yang tentu saja menjadi sebuah pemandangan yang sangat indah di pandang oleh mata.

Nah buat sahabat yang sedang mencari refrensi terlengkap jenis nama nama bunga dengan gambarnya akan kami hadirkan dalam ulasan ini. Dimana bunga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat indah dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta banyak yang melambangkan akan sebuah cinta dan kasih sayang. Mungkin sahabat masih ingat dengan pelajaran IPA ketika SD dulu dimana bunga sendiri memiliki 
Bagian-bagian penting yang mendukung sampai dengan perkembang biakanya diantaranya:
  1. Tangkai Bunga merupakan bagian yang ada di bawah bunga. Tangkai ini berguna sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang / ranting.
  2. Dasar bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
  3. Kelopak Bunga merupakan bagian terluar yang melindungi mahkota bunga saat masih berbentuk kuntum. Pada umumnya, bentuk dan warnanya seperti daun.
  4. Mahkota Bunga umum nya mempunyai warna beragam sehingga disebut perhiasan bunga. Dengan warna yang menarik ini bisa berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya supaya hinggap pada bunga. Serangga itu akan membantu proses penyerbukan.
  5. Benang sari dan serbuk sari merupakan alat reproduksi jantan.
  6. Putik ialah bagian yang dikelilingi oleh benang sari. Putik berguna sebagai alat reproduksi betina. Putik terdiri dari tangkai putik dan kepala putik.

Kumpulan Macam-macam Nama Bunga

1. Bunga Anggrek
Anggrek bernama latin Orchidaceae, adalah salah satu suku tanaman berbunga dengan anggota jenis paling banyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah sampai wilayah sirkumpolar. Anggrek diketahui sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot ataupun sebagai bunga potong. Indonesia mempunyai kekayaan jenis anggrek yang amat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup pada pohon-pohon hutan, dari Sumatera sampai Papua. Anggrek bulan merupakan bunga pesona bangsa Indonesia.
2. Bunga Allamanda
Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang disebut juga sebagai bunga terompet emas atau bunga buttercup. Tumbuhan ini termasuk dalam golongan perdu berkayu dengan tinggi yang bisa mencapai sampai 2 meter. Bunga Alamanda asalnya dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, terdapat juga di Brazil di mana bunga ini umum dipakai sebagai hiasan sebab bentuknya yang indah.
3. Bunga Anyelir
Anyelir disebut juga bunga teluki, bernama ilmiah Dianthus caryophyllus merupakan tanaman hias pekarangan dan pot yang asalnya dari wilayah Mediterania. Ada 2 macam tanaman anyelir yaitu berjenis satu bunga untuk tiap tangkai dan jenis spray banyak bunga untuk tiap tangkai. Bunga anyelir mempunyai warna yang terang dan berwarna-warni. Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian sampai 2 meter, tetapi untuk bisa tumbuh tegak, harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir bisa mencapai 1 cm dan pada umumnya membengkak pada buku/ruas. Bunga Anyelir bisa bertahan selama 18-20 bulan.
4. Bunga Apel
Bunga apel mekar di musim semi, bertepatan dengan perkecambahan pada daun. Bunga apel berwarna putih dan berbaur dengan warna pink yang berangsur memudar. Pada bunga ini, terdapat lima kelopak yang bisa berdiameter mencapai 2.5 sampai 3.5 cm. Buah apel masak pada musim gugur, dan pada umumnya berdiameter 5 sampai 9 cm.
5. Bunga Asoka
Bunga asoka merupakan tumbuhan yang sering dipakai sebagai tanaman hias dan penghijauan. Di Indonesia, dikenal 2 macam bunga asoka, yaitu pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting (Polyalthia Longifolia) dan bunga asoka biasa (Polyalthia sp.) yang mempunyai ranting dan berdaun runcing. Bunga asoka bisa dipakai untuk menyembuhkan luka memar dengan meminum air rebusan dari bunganya yang ditambah dengan bunga mawar kering dan umbi daun dewa. Disamping itu juga bisa digunakan sebagai obat untuk orang yang haidnya tidak teratur.
6. Bunga Aster
Sepintas bunga ini bentuknya serupa dengan bunga matahari, tetapi bunga aster mempunyai daun bunga yang bersusun dengan banyak warna mulai dari merah muda, putih, biru, ungu, juga warna lain di mana tengahnya pada umumnya berwarna kuning. Bunga Aster asalnya dari Tiongkok dengan tinggi rata-rata 30-70 cm. Bunga ini amatlah mudah didapat dan tidak kenal musim untuk berbunga. Rata-rata usianya bisa mencapai setahun.
7. Bunga Azalea
Bunga Azalea adalah tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di daerah beriklim sedang. Bunga nya dikembangkan sebagai tanaman hias yang populer. Warna bunga azalea beraneka macam mulai dari merah, kuning, putih, dan ungu.
8. Bunga Bakung
Bunga lily atau biasa dikenal bakung merupakan bunga yang mempunyai bau sangat wangi. Bunga bakung yang besar mempunyai tiga daun bunga dengan beragam warna dari mulai merah, putih, kuning, jingga, merah muda, ungu, sampai bercorak bintik-bintik dan kehitaman. Bunga bakung tumbuh pada separuh besar wilayah Eropa, Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, cina dan Filipina. Sebagian besar suku lily membentuk umbi polos di bawah tanah. Terdapat sekitar 110 suku dalam family dan jenis bakung (Liliaceae).
9. Bunga Bangkai
Suweg raksasa (keribut) atau lebih diketahui sebagai bunga bangkai ialah tumbuhan yang asalnya dari talas-talasan. Bunga ini mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti bangkai, yang sebetulnya untuk mengundang kumbang, lalat atau serangga lain untuk menyerbuki bunganya.
10. Bunga Begonia
Bunga begonia merupakan genus dalam famili tumbuhan berbunga Begoniaceae. Nama genus, diciptakan oleh Charles Plumier, seorang botani Perancis untuk menghormati Michel Begon, mantan gubernur koloni Perancis Haiti. Terdapat lebih dari 1.500 spesies, Begonia merupakan salah satu dari sepuluh genera angiosperma paling besar.
11. Bunga Camelia
Bunga kamelia adalah tanaman dari genus Theaceae yang bisa didapati di Asia timur, Asia selatan dan dari Himalaya timur ke Jepang sampai Indonesia. Tumbuhan ini mempunyai jenis batang berkayu, baik yang berbentuk semak ataupun pohon. Jenis yang selalu ditemui ialah Camellia sinensis yang pucuk daunnya dipakai untuk membuat teh. Camelia juga bisa ditanam sebagai tanaman hias berbunga. Ada berkisar 3.000 kultivar dan hibrida yang dipilih yaitu dari jenis Camelia japonica, Camelia reticulata dan Camelia sasanqua.
12. Bunga Chicory
Bunga Chicory (Cichorium intybus) merupakan tumbuhan yang masih dalam keluarga bunga aster. Chicori ialah tumbuhan yang hidup menahun, mempunyai bunga berwarna biru terang dan ada yang kuning atau merah muda. Tumbuhan ini asalnya dari Eropa dan tersebar sampai ke Amerika Utara dan Australia, bisa didapati dengan gampang di pinggir jalan.
13. Bunga Cosmos
Bunga cosmos atau disebut juga dengan kenikir atau raja ulam, tumbuhan ini asalnya dari Meksiko. Cosmos ialah tumbuhan tropis dan tumbuh liar di alam. Bunga Cosmos atau kenikir termasuk dalam anggota famili dari Asteraceae. Ciri dari tumbuhan ini bergaris-garis dan berbatang pipa dengan ketinggian yang bisa mencapai 1m serta daunnya memiliki tangkai yang panjang.
14. Bunga Candytuft
Bunga Candytuft ialah salah 1 macam bunga liar dengan ciri khas daun mengkilap dan bunganya terdiri atas banyak cluster, pada umumnya berwarna agak pink atau ungu dan putih.  Tumbuhan ini selalu dijadikan untuk bunga potong atau bunga hias, dan cara terbaik membudidayakan bunga Candytuft yaitu dengan menanamnya dari biji.
15. Bunga Dahlia
Bunga Dahlia merupakan sejenis tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan, oleh karna itu bunga ini lambat untuk dikembang biakan. Seorang ahli tanaman bernama Anders Dahl. berhasil mengembang biakkan bunga dahlia yang kemudian dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii merupakan asal mula tanaman bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang ada sampai sekarang ini.
16. Bunga Daffodil
Daffodil atau disebut juga dengan bunga Narcissus ialah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di Ukraina. Tanaman bunga ini memiliki 6 kelopak berwarna terang dan memiliki pusat bunga berbentuk terompet kecil yang menonjol. Bunga Daffodil banyak didapati berwarna kuning, meskipun sebetulnya ada pula yang berwarna putih, orange dan merah muda.
17. Bunga Dandelion
Dandelion dikenal pula dengan sebutan Bunga Randa Tapai yang asalnya dari Eropa dan Asia. Bunga Dandelion masih tergolong dalam genus Taraxacum dari keluarga Asteraceae. Bunga dandelion berbentuk mirip bulu yang halus mudah terbang di bawa angin yang kencang. Bentuk tangkai nya yang kecil ini bisa tumbuh dimanapun, bergantung asal dimana benihnya jatuh di bawa angin.
18. Bunga Eceng Gondok
Eceng gondok (Eichhornia crassipes) ialah salah 1 macam tumbuhan air yang hidup mengapung. Walaupun mempunyai Bunga yang indah, tumbuhan ini mempunyai kecepatan tumbuh yang amat tinggi sehingga tanaman ini dianggap sebagai gulma yang bisa merusak lingkungan di perairan. Eceng gondok dengan gampang bisa menyebar melalui saluran air, rawa dan sungai.
19. Bunga Eidelweis
Bunga Senduro (Anaphalis javanica) lebih populer diketahui sebagai Edelweis jawa (Javanese edelweiss) adalah tanaman endemik zona alpina/montana dalam berbagai pegunungan tinggi di Indonesia. Tanaman ini sekarang dikategorikan sebagai tanaman yang langka. Bunga Edelweis biasa tumbuh di hutan pegunungan dan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus.
20. Bunga Freesia
Freesia, Tender atau tanaman cormous merupakan tanaman bunga yang asalnya dari Afrika Selatan. Sebagian besar orang menanam bunga freesia untuk dipajang dan sebagai karangan bunga. Bunga Freesia bisa tumbuh di tanah atau dalam pot, dan berbunga sekitar 12 minggu sesudah ditanam.
21. Bunga Gladiol
Gladinol (gladiol communis) merupakan tanaman bunga semusim berbentuk herba dalam keluarga Iridaceae. Bunga gladinol banyak dibudidayakan sebagai rangkaian bunga dalam ruangan. Tumbuhan ini mempunyai warna yang menarik dengan kesegaran yang bisa bertahan sampai 10 hari.
22. Bunga Hebras
Bunga Herbras (Gerbera L.) adalah tanaman hias yang tergolong dalam famili Asteraceae. Tumbuhan ini termasuk semak yang bisa hidup bertahun-tahun, daunnya berbentuk memanjang, berwarna hijau dengan pinggiran daun bergerigi besar. Di dunia terdapat lebih dari 40 spesies Herbras yang tersebar ke Amerika Selatan, Madagaskar, Afrika sampai daerah tropis Asia.
23. Bunga Kertas
Bunga Bougenville atau disebut juga dengan Bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang cukup terkenal, bunga ini memiliki bagian tanaman yang berwarna-warni. Keindahannya asalnya dari seludang (daun pelindung) bunganya yang warnanya cerah dan memikat perhatian sebab tumbuh dengan rimbunnya.
24. Bunga Kembang Sepatu
Kembang sepatu atau disebut juga bunga raya, bernama latin Hibiscus rosa-sinensis L. merupakan tanaman semak dari suku Malvaceae yang asalnya dari Asia Timur. Bunga sepatu biasa ditanam sebagai tanaman hias di wilayah tropis dan subtropis. Tanaman bunga ini dari bermacam-macam kultivar dan hibrida dapat berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang warnanya merah tua, pink, putih sampai kuning dan oranye.
25. Bunga Lavender
Lavender merupakan bunga yang asalnya dari wilayah selatan Laut Tengah, wilayah Afrika tropis sampai timur dan India. Tumbuhan ini merupakan suku Lamiaceae yang tersusun dari 25-30 spesies. Lavender termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek dan kecil. Bunga levender ditanam dan dikembangkan di iklim yang sedang sebagai tanaman hias, bahan makanan, dan ekstrak minyak esensial.
26. Bunga Lantana
Tembelekan atau Saliara (Lantana camara) merupakan jenis tumbuhan berbunga dari keluarga Verbenaceae yang asalnya dari daerah tropis  Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di daerah ketinggian 1.700 m dpl, tanaman lantana mempunyai banyak percabangan dengan tinggi antara 0,5-4 meter.
27. Bunga Lonceng
Bunga Lonceng (Platycodon grandiflorus) merupakan jenis tanaman berbunga tahunan dari family Campanulaceae dan satu-satunya tanaman dari genus Platycodon. Bunga ini asalnya dari Asia Timur Jepang, Tiongkok, Korea, sampai Siberia Timur. Lonceng jepang ini akan menghasilkan bunga yang warnanya biru dan besar, meskipun ada variasi warna putih dan merah muda dalam hasil budidaya.
28. Bunga Matahari
Bunga Matahari bernama latin Helianthus annuus L. ialah tumbuhan semusim dari suku kenikir (Asteraceae) yang populer diketahui sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak dan kuaci. Bunga matahari dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara semenjak ribuan tahun lalu, sekarang telah tersebar ke Amerika Selatan sampai ke wilayah Eropa Perancis dan Ukraina. Tumbuhan ini bisa tumbuh di wilayah beriklim subtropik, dengan tanah yang subur dan hangat.
29. Bunga Mawar

Mawar merupakan jenis tanaman semak yang bergenus Rosa L. Tumbuhan ini mempunyai 100 lebih spesies, umumnya spesies mawar merupakan tanaman yang berduri dan memanjat yang tingginya bisa mencapai 2-5 meter. Mawar mempunyai ciri Bunganya terdiri atas 5 helai daun mahkota, kecuali genus Rosa sericea yang cuma mempunyai 4 daun mahkota. Kebanyakan mawar mempunyai warna merah, putih, pink, kuning dan biru di beberapa spesies. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di wilayah beriklim sedang. Beberapa kultivar mawar merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dan bisa tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Bunga mawar mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, selalu dijadikan sebagai potongan bunga, tanaman hias, sampai bahan parfum.
30. Bunga Melati
Melati ialah sejenis tanaman hias bunga berupa perdu berbatang tegak yang bisa hidup menahun. Bunga ini adalah genus dari semak dan tanaman merambat dalam famili zaitun (Oleaceae). Terdapat sekitar 200 spesies tumbuhan melati asli dari wilayah beriklim tropis dan dari Eurasia, Australasia sampai Oseania. Bunga melati dibudidayakan sebagai tanaman hias dan untuk bau khas bunga seperti teh melati. Di Indonesia bunga melati diketahui sebagai “Puspa Bangsa” atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac),  yang merupakan lambang kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan beragam tradisi dari suku di Indonesia. Salah satu nya ialah dalam budaya suku jawa dan sunda biasa dipakai sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara pernikahan.
31. Bunga Jepun
Bunga jepun atau diketahui sebagai bunga mentega, kamboja adalah tanaman perdu dari keluarga Apocynaceae. Tumbuhan ini asalnya dari Afrika utara, Mediterania dan juga Asia Tenggara. Bunga mentega bisa tumbuh dengan bagus di daerah kering beriklim hangat dan bisa dibudidayakan dalam berbagai daerah. Cirikhas bunga jepun mempunyai perdu tegak dengan tinggi berkisar 2–5 m, struktur daunnya epidermis atas yang berlapis-lapis, pada umumnya bunga jepun banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di taman dan dipinggir jalan.
32. Bunga Peony
Bunga Peony (Paeonia) merupakan tanaman hias bunga yang termasuk keluarga Paeoniaceae dan bergenus tunggal. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan tinggi mulai dari 50 cm sampai 1,5 meter. Pada akhir musim semi sampai awal musim panas. Bunga peony ada yang berbau wangi, berwarna merah, putih, pink, kuning, dan ungu. Asal bunga ini dari Tiongkok, Eropa selatan, Indiana, Amerika Utara bagian barat.
33. Bunga Putri Malu
Putri malu atau bernama latin Mimosa pudica adalah tanaman perdu pendek dari anggota suku polong-polongan yang sangat gampang dikenal sebab daun-daunnya yang bisa dengan cepat menutup/malu dengan otomatis jika disentuh. Walaupun sejumlah tumbuhan jenis polong-polongan lain juga bisa melakukan hal yang sama, tetapi putri malu bisa bereaksi lebih cepat ketimbang jenis lainnya. Menutup/ malu ini cuma bersifat sementara sebab sesudah beberapa waktu kondisinya akan sembuh seperti semula.
34. Bunga Poinsettia
Bunga Kastuba (Euphorbia pulcherrima) atau dikenal pula Bunga Poinsettia adalah tanaman subtropis yang asalnya dari Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Tumbuhan ini mempunyai ciri pada daun bagian atas nya yang warnanya merah seperti warna-warni hiasan Natal dengan tinggi mulai 60 cm sampai 4 meter, dan daun nya berbentuk elips. Di negara beriklim sejuk, bunga Poinsettia dipakai sebagai tanaman hias pengganti bunga yang susah didapat saat musim dingin.
35. Bunga Protea
Protea adalah tanaman bunga dari Afrika Selatan yang disebut juga dengan Semak Gula. Tumbuhan ini mempunyai makna perubahan dan harapan. Protea sekarang ini sudah dibudidayakan di lebih dari 20 negara, termasuk Indonesia pada beberapa tahun belakangan ini. Bunga protea selalu dijadikan sebagai dekorasi dan juga membuat buket.
36. Bunga Ranunculus
Ranunculus ialah genus dari sekitar 600 spesies tumbuhan jenis Ranunculaceae. Tumbuhan ini juga disebut dengan bunga buttercup dan spreadwort. Ranunculus mempunyai ciri tampilan bunga yang cantik dengan banyak variasi warna yang menawan, disamping itu putik di tengah berwarna kuning cerah, kelopak bunga tipis berwarna cerah, serta membentuk ke atas seperti mangkuk. Bunga Ranunculus cocok dijadikan bunga potong sebab tetap segar untuk waktu yang lama.
37. Bunga Sakura

Sakura merupakan bunga nasional khas negeri Jepang yang mekar pada musim semi. Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Rosaceae, genus Prunus sejenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot, tetapi secara garis besar bunga sakura dikelompokkan dalam subgenus sakura. Asal usul sakura bermula dari kata “Saku” yang berarti mekar dan ditambah akhiran kata “ra” sebagai bentuk jamak.
38. Bunga Saffron

Bunga Saffron, disebut juga dengan Kuma-kuma ialah nama untuk rempah-rempah dari bunga Crocus sativus (bunga pacar), dari marga crocus famili Iridaceae. Tumbuhan ini mempunyai tiga kepala putik (stigma) yang terletak distal terhadap daun buah. Sedangkan Bagian tangkai putik, yang menghubungkan stigma dengan bagian bunga terdalam.
39. Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap malam (Polianthes tuberosa) merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku asmat. Kata “Tuberosa” mengartikan bahwa tumbuhan ini mempunyai umbi (tuber). Sekarang ini ada sekitar 12 spesies dari genus Polianthes. Bunga sedap diprediksi asalnya dari Meksiko dan selalu mekar pada malam hari.
40. Bunga Semanggi

Semanggi iaah sekelompok tanaman paku air (Salviniales) dari genus Marsilea L. Tumbuhan ini mempunyai ciri-ciri bentuk entalnya yang seperti payung, tersusun dari empat anak daun yang berhadapan. Bentuk daunnya ini, dinamakan “semanggi” digunakan untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil yang bersusunan daun serupa, seperti klover. Di Indonesia Bunga Semanggi bisa mudah didapati di daerah pematang sawah atau pinggir saluran irigasi.
41. Bunga Seruni

Seruni disebut juga dengan bunga krisan (Chrysanthemum sp) ialah sejenis tumbuhan berbunga yang biasa ditanam sebagai tanaman hias halaman rumah dan kebun. Sama seperti bunga Sakura, seruni juga merupakan Bunga nasional Jepang, dalam bahasa Jepang disebut “kiku” sebab baunya yang wangi.
42. Bunga Snapdragon

Snapdragon merupakan salah 1 macam tanaman kebun dengan nama ilmiah Antirrhinum Majus. Tumbuhan ini mempunyai bentuk dan warna-warna yang indah saat mekar. Sekalipun demikian keindahannya berbeda saat bunga Snapdragon ini sudah layu mati, bunga ini akan berganti bentuk seperti tulang kepala manusia. Di Indonesia sendiri Bunga Snapdragon lebih terkenal dengan sebutan “Mulut Naga” sebab bentuk bunga nya yang seperti kepala naga.
43. Bunga Teratai

Bunga Teratai merupakan tanaman yang hidup pada air dari suku Nymphaeaceae, Bunga dan daun teratai berada pada permukaan air, keluar dari tangkai yang asalnya dari rhizoma akar yang ada di dalam air pada dasar kolam, sungai atau rawa. Teratai salah satu tanaman air yang unik. Meski hidup pada air yang berlumpur tetapi warna bunganya tampak lebih indah dan cemerlang.
44. Bunga Tulip

Tulip adalah tanaman berbunga yang tergolong dalam genus Tulipa, ada 100 spesies tulip termasuk dalam keluarga Liliaceae. Tumbuhan ini asalnya dari Asia Tengah, dan tumbuh liar di wilayah pegunungan Hindu Kush, pegunungan Pamir dan stepa di Kazakhstan. Tulip bisa tinggi mencapai antara 10–70 cm, bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau kebiru-biruan.
45. Bunga Vinca

Bunga vinca atau lebih terkenal dengan sebutan Tapak dara merupakan tanaman perdu tahunan yang asalnya dari Madagaskar Amerika Tengah, tetapi sudah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya. Di Indonesia tapak dara ditanam sebagai tanaman hias dan pengobatan herbal. Bunga dan daun tapak dara bisa dijadikan obat untuk penyakit leukemia dan Hodgkin (kanker pada kelenjar getah bening).
46. Bunga Violet

Bunga violet atau disebut juga dengan Antanan kembang (Viola odorata) adalah tanaman berbunga dari genus Viola yang asalnya dari wilayah Eropa dan Asia dan menyebar ke Amerika Utara dan Australia. Antanan kembang ialah tumbuhan menahun yang tergolong tanaman terna berbunga dan tahan di berbagai keadaan lingkungan.
47. Bunga Widuri

Bunga Widuri atau Biduri (Calotropis gigantea) ialah sejenis tumbuhan bunga yang lumrah ditemui di Negara Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, India dan China. Tumbuhan ini berupa perdu besar yang bisa mencapai 4 m. Bunganya berlapis lilin dengan warna ungu atau putih. Daun widuri berbentuk bulat telur, dengan warna khas hijau pudar dan mempunyai batang yang mengeluarkan lateks berwarna putih.
48. Bunga Wisteria

Wisteria adalah tanaman berbunga dari famili Fabaceae (kacang polong). Tumbuhan ini bisa tumbuh merambat dan melilit setinggi 20 meter di atas tanah dan menyebar 10 meter secara lateral. Wisteria bisa didapati di negara Amerika Serikat bagian Timur, Korea China, dan Jepang. Tumbuhan ini mengandung saponin yang disebut wisterin zat yang memiliki racun.
49. Bunga Yarrow

Achillea millefolium atau disebut juga Bunga Yarrow merupakan tanaman dari keluarga Astaraceae yang asalnya dari Eropa. Tumbuhan ini selalu dijadikan tanaman hias dan dipakai sebagai obar hebal modern. Bunga Yarrow tampak lucu dengan bentuk daun yang ukurannya kecil-kecil dan halus.
50. Bunga Zinnia

Zinnia elegans yang dalam bahasa Indonesia disebut Bunga kertas cantik asalnya dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan berbunga semusim dari genus Zinnia.  Bunga Zinnia tumbuh liar di alam dengan tinggi mencapai 30 inci dan ukuran kepala bunga berkisar 2 inci.
51. Bunga Magnolia
Bunga Magnolia adalah salah satu marga tumbuhan yang dikenal luas sebab bunganya yang indah dan menyebarkan bau yang harum. Penyebaran jenis-jenis Bunga Magnolia tidak kontinu. Tetapi, pusat keanekaragaman utamanya yaitu di Asia Timur dan Asia Tenggara. Sementara, pusat penyebaran sekunder yaitu di benua Amerika. Beberapa jenis Bunga Magnolia diketahui sebagai tanaman hias kebun dan pelengkap upacara tradisi Nusantara, seperti upacara cempaka dan kantil.
Secara rinci kami sajikan dibawah ini tambahanya sehingga sahabat makin memahami lebih dalam tentu saja yuk cek:

  1. Aconite
  2. Adenium
  3. Agapanthus
  4. Ageratum
  5. Aglaonema
  6. Allamanda
  7. Alyssum
  8. Amaranth
  9. Amarilis
  10. Ammi
  11. Anemone
  12. Angelonia
  13. Anggrek
  14. Anthurium
  15. Anyelir
  16. Asoka
  17. Aster
  18. Azalea
  19. Balon
  20. Bee Balm
  21. Begonia
  22. Black Bat
  23. Bougenville
  24. Buddleja
  25. Bunga Bakung
  26. Bunga Kancing
  27. Bunga Pukul Empat
  28. Bunga Terompet
  29. Calendula
  30. Candytuft
  31. Celosia
  32. Cempaka
  33. Chicory
  34. Cleome
  35. Clover
  36. Coreopsis
  37. Cornflower
  38. Cosmos
  39. Daffodil
  40. Daisy
  41. Dianthus
  42. Echinacea
  43. Eidelweiss
  44. Foxglove
  45. Freesia
  46. Fuschia
  47. Gaillardia
  48. Garbera
  49. Gardenia
  50. Geranium
  51. Gloxinia
  52. Gomphrena
  53. Gypsophila
  54. Hebras
  55. Hoya
  56. Hibiscus
  57. Hydrangea
  58. Impatiens
  59. Iris
  60. Jasmine
  61. Kalanchoe
  62. Kana
  63. Krisan
  64. Lakspur
  65. Lantana
  66. Lavatera
  67. Lilac
  68. Lily
  69. Lobelia
  70. Lupine
  71. Magnolia
  72. Mandevilla
  73. Morning Glory
  74. Mussaenda
  75. Nasturtium
  76. Nemophila
  77. Nigella
  78. Nona Makan Sirih
  79. Peony
  80. Petrea
  81. Petunia
  82. Phlox
  83. Plumeria
  84. Poinsettia
  85. Poppy
  86. Primrose
  87. Protea
  88. Ranunculus
  89. Rudbeckia
  90. Ruellia
  91. Salvia
  92. Saffron
  93. Scabiosa
  94. Sedap Malam
  95. Semanggi
  96. Seruni
  97. Snapdragon
  98. Snowdrop
  99. Soka
  100. Statice
  101. Stefanot
  102. Stock
  103. Strawflower
  104. Sweat Pea
  105. Tabebuia
  106. Thunbergia
  107. Torenia
  108. Violces
  109. Wijaya Kusuma
  110. Wisteria
  111. Yarrow
  112. Zephyranthes
  113. Zinnia

Itulah lengkap kami sajikan sebagai bahan tambahan pengetahuan mengenai nama-nama tanaman bunga, kemudian juga masuk dalam jenis bunga yang sampai sekarang hampir ada 50an lebih dimana nanti akan terus kami berikan updatenya kepada sahabat di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel