50 Contoh Suggest and Offer Bahasa Inggris + Arti Penjelasan

Materi ini akan membahas lebih dalam mengenai kumpulan contoh dari dialog sugest dan offer dalam bahasa inggris dilengkapi dengan penjelasan secara mendetail dari sisi makna, dan artinya sehingga adik adik akan lebih mudah dalam memahaminya.

Jika diartikan secara bahasa indonesia mungkin saja sahabat sangat sering mealukan dialog ini di kehidupan sehari hari. Misalkan saja ketika memberikan saran kepada teman kalian ketika ditanya misal laptop apa yang bagus ? Sampai memberikan penawaran apakah kamu mau ikut kurus di tempat saya yang sekarang.

Dialog dialog lain juga sangat banyak sebenarnya. Namun lagi lagi ketika harus di paksa dalam mengucapkan dalam bahasa inggris maka banyak yang belum paham. Maka dari itu, kami akan jelaskan dengan lengkap dalam bahasan ini.

Tidak hanya sebatas memberikan saran memang namun dalam bahasa kita akan diajarkan bagaimana nilai nilai kesopnana itu. Maka sudah menjadi barang wajib ketika kalian menggunakan dialog yang berisi suggest dan offer dengan teman, kemudian guru, orang tua maka kalimatnya akan tidak sama.

Baik langsung saja ya kita akan bahas lengkap mengenai materi ini yakni SUGGEST (Saran) dan OFFER (Penawaran) berikut detailnya:

Penjelasan Contoh Suggest and Offer Beserta Artinya


Suggest

Baik adik adik semuanya kita langsung saja masuk ke contoh ya dimana ini beberapa rekomendasi kalimat sugt yang sangat umum dan sopan yang bisa kalian gunakan dalam sebuah dialog dengan siapa saja.
I don’t think … (Saya tidak berpikir …)
Why don’t we …? (Mengapa tidak kita …?)
You might want to change … (Kamu mungkin ingin mengubah …)
How do you feel about …? (Bagaimana perasaanmu tentang …?)
It would be nice to … (Itu akan bagus untuk …)
I think you should … (Menurut saya kamu sebaiknya …)
Let’s … (Ayo …)
I think … (Saya pikir / Menurut saya …)
I suggest that … (Saya menyarankan bahwa …)
How about …? (Bagaimana dengan …)
We could … (Kita bisa …)
What about …? (Bagaimana dengan …?)


Accepting Suggestions (Menyetujui Saran)

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menyampaikan sebuah saran kepada seseorang dalam bahasa inggris,maka kita tentunya juga harus tahu bagaimana cara Accepting Suggestions  atau menerima saran yang benar. berikut ini adalah contoh kalimat penting untuk menyetujui sebuah saran.
Yes, let’s go.  (Ya, ayo pergi.)
Let’s.. (Ayo.)
OK, if you say so.

Declining Suggestions (Menolak Saran)

Sebenarnya yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari adalah memahami bagaimana cara menolak sebuah saran atau dikenal dengan Declining Suggestions. Dimanapun dalam kehidupan nyata, menolak sebuah saran memerlukan usaha dan sopan santun yang lebih.

Maka berikut ini adalah contoh Declaining Suggestions yang paling sederhana dan lugas sebagai bahan  edukasi dan pengetahuan dasar kita dalam menolak sebuah saran dalam Bahasa Inggris.
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
No, let’s … (Tidak, ayo …)
Sorry, I can’t. (Maaf, saya tidak bisa.)
Sorry, I think … (Maaf, menurut saya …) 

Offer (Penawaran)

 Lalu berikut ini adalah contoh bagaimana cara kita menyampaikan sebuah tawaran kepada seseorang dalam Bahasa Inggris secara benar dan sopan. Dalam kehidupan orang-orang barat memberi penawaran adalah hal yang sopan, sama seperti dalam kehidupan kita di sini. Namundalam Bahasa Inggris ada kata-kata yang biasa disampaikan jika kita menympaikan penawaran kepada seseorang.

Dan berikut ini adalah contoh kalimat penawaran dalam Bahasa Inggris yang minimal harus temen-temen ketahui dan kuasai dengan baik.


Making Offers (Membuat Penawaran)

Di bawah ini adalah awalan kata yang sangat sering digunakan oleh NATIVE SPEAKER dalam Making Offer secara sopan. Coba temen-temen pahami dan kuasai ya... agar nanti tidak bingung jika akan menawarkan sesuatu atau bantuan kepada seseorang dalam Bahasa Inggris.
Can I …? (Bolehkah saya …?)
May I …? (Bolehkah saya …?)
Shall I …? (Haruskah saya …?)
How about I … (Bagaimana dengan saya …)
Would you …? (Maukah kamu …?)

Accepting Offers (Menyetujui Penawaran)
Menerima sebuah tawaran bantuan adalah hal yang cukup gampang dilakukan baik dalam budaya kita orang-orang Asia maupun buat orang-orang bule yang nota bene beberapa diantaranya adalah negara yang cukup lebih maju daripada Indonesia.

Jadi berikut ini adalah kalimat pendek yang mewakili pernyataan penerimaan atas tawaran bantuan dari seseorang.
Thank you, I appreciate your help. (Terima kasih, saya menghargai bantuanmu.)
Yes, please. (Ya, tolonglah.)
Yes please, that would be lovely.
Thank you, it is very kind of you.

Declining Offers (Menolah Penawaran)
Sama seperti menolak saran, menolak tawaran bantuan memang juga agak lebih sulit sebenarnya.  Ini memang bukan pada level linguistik tapi cenderung pada level budaya dan perasaan manusia. Hal ini juga terjadi baik di Barat maupun di Timur.

Jadi pada kasus nyata mungkin kalimatnya akan sangat beragam tergantung keahlian sopan santun si NATIVE SPEAKER, tapi dalam ulasan ini saya menyajikan dari sudut pandang teori Bahasa Inggris. Sehingga contoh Declining Offers juga menjadi sangat prakmatis dan sederhana. Berikut adalah contoh kalimatnya.
No, thanks. (Tidak, terima kasih.)
No, thank you. (Tidak, terima kasih.)
It’s okay, I can do it myself. (Ini tidak apa-apa, saya bisa melakukan ini sendiri.)
Don’t worry, I will do it myself. (Jangan khawatir, saya bisa melakukan ini sendiri.)


Contoh teks dialog singkat suggest dan offer beserta terjemahannya

Berikut ini adalah contoh percakapan sangat sederhana untuk menjelaskan Suggest and Offer dalam Bahasa Inggris. Sekali lagi ini adalah contoh sederhana dan untuk tujuan pemahaman kita secara mendasar saja.

Pada kenyataannya di lapangan, masalah Suggest and Offer ini pasti sangat kompleks karena menyangkut sopan santun dan perasaan pribadi. Hal ini terjadi baik dalam kehidupan kita di Indonesia maupun dalam kehidupan orang-orang barat.  Baiklah... langsung saja saya sajikan contoh kalimatnya dalam percakapan sederhana.

Percakapan Saran atau Suggest
Reza: Have you solved your homework?
Trio: No, I haven’t.

Reza: Let’s go to the library and solve your homework.
Trio: Yes, let’s go.

=============

Reza: Apakah kamu sudah mengerjakan pekerjaan rumahmu?
Trio: Belum.

Reza: Ayo pergi ke perpustakaan dan selesaikan pekerjaan rumahmu.
Trio: Ya, ayo pergi.
Percakapan Penawaran atau Offer

Tata: Can I help you?
Feri: No, thank you.

Tata: Bolehkah saya membantumu?
Feri: Tidak, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel