√ Cara Mengatasi Black Ink, Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma

Pada pembahasan kali ini, yaitu mengenai Cara Mengatasi Black Ink dan Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma. Berikut ini akan saya bagikan bagaimana cara mengatasinya tanpa harus membawanya ke tempat service.

(Dibawah ini khususnya pada Printer Canon Pixma MP258/MP280/dan Sejenisnya).

Sudah banyak barangkali teman-teman yang khawatir dan tidak memahami bagaimana Solusi untuk mengatasi Mesin Printer yang mengalami Error, seperti misalnya ketika Printer teman-teman mengalami masalah tidak bisa digunakan karena Muncul Peringatan Ink Has Run Out di Monitor atau pun Kode Peringatan di Display Indikator Printer dengan Kode E16 dan banyak lagi.

Untuk mengatasinya, teman-teman tidak perlu terburu-buru membawa Mesin Printer ke Tempat Service atau sampai ingin mengembalikannya ke tempat  membelinya. :-) (Just Kidding).

Karena, sebenarnya untuk mengatasinya, kita harus memahami beberapa peringatan maupun Kode yang terdapat di Display Indikator.
1. Pertama, Turn On dahulu Mesin Printer Canon Pixma milik anda.
2. Kemudian, Kita lakukan Print Test Page. dibawah ini langkahnya : 
  • Klik pada Tombol Start di Komputer/Laptop anda.
  • Kemudian Pilih pada Pilihan Device and Printers.
  • Selanjutnya, Klik Kanan Pada Printer yang anda Gunakan pada Halaman Device and Printers, Biasanya ditandai dengan Centang Hijau. Kemudian silahkan Klik Kanan dan Pilih Printer Properties.
  • Maka akan muncul Kotak dialog Propertis seperti dibawah ini
  • Pada Tab General, Pilih Print Test Page
  • Setelah itu, Akan ada Pesan Kesalahan (Error) yang tampil di Monitor anda, Tapi Tenang saja dan abaikan saja peringatan yang muncul tersebut. Karena itu tidak mempengaruhi apa-apa.
3. Selanjutnya, kita kembali ke Mesin Printernya, Kemudian tekanlah Tombol Stop/Reset yang ada di Printer. Tekan dan tahan selama 5 - 10 Detik, tergantung pada Respon Printer, Jika Printer sudah merespon, Lepaskan tombol Stop/Reset.

4. Kemudian, tekan dan tahan Tombol Color ink (Jika Black Ink yang berkedip) dan Tekan dan tahan Tombol Black ink (Jika Color Ink yang berkedip), lakukan penahanan tombol selama 5 - 10 Detik, ini juga tergantung pada Respon Printer anda saat reseter.

Dengan mengikuti langkah diatas dengan benar, Maka Printer anda akan Otomatis Mencetak Test Page. 

Atau jika Mesin Printer belum melakukan cetak, Biarkan sejenak atau beberapa waktu, mungkin saja sedang dalam Proses untuk kembali ke Pengaturan utamanya/Pengaturan Pabrik.

Lakukanlah Print Test Page kembali tanpa menekan Tombol Stop/Reset + Color/Black.
Disini saya juga Membagikan, Mengatasi Printer yang Mengalami Error dengan Kode Indikator E08, Dibawah ini :

Cara Reset Canon MP287 yang mengalami Error E08

1. Hidupkan Printer Canon MP287,
2. Jika pada Display Indikator menampilkan Kode Error E08, dan ada Keterangan " The Ink Absorber is Almost Full" dilayar Monitor, Maka Printer memang Harus di atasi dengan meresetnya.
3. Download File Resetter MP287 yang tersedia Di Google terlebih dahulu.
4. Kemudian, Printer Canon MP287 harus dalam keadaan Service Mode. Caranya dibawah ini :
  • Matikan Canon MP287 yang Error E08 dengan menekan tombol Powernya. Jangan Cabur kabel Powernya dari listrik.
  • Tekan dan Tahan Tombol Stop/Reset diikuti dengan menekan Tombol Power. Jadi kedua tombol posisi tertahan dan jangan dilepas hingga ada Pemberitahuan lebih lanjut.
  • Lepas Tombol Stop/Reset tanpa melepas Tombol Power.
  • Dalam keadaan tombol power masih tertekan, tekan tombol Stop/Reset sebanyak 6 Kali.
  • Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan. Maka setelah itu Canon MP287 anda akan berada dalam Kondisi Mode Service (Service Mode).
5. Pada Display Indikator MP287 akan Blank/Gelap dan Di Komputer anda akan mendeteksi Sebuah Hardware baru. Abaikan saja bila itu terjadi.

6. Langkah selanjutnya, Ekstrak dan Jalankan Service Tool MP287 untuk Printer MP287 Error E08 yang anda Download sebelumnya.

7. Pada tab menu Absorber pilih Main & Platen kemudian Klik SET disebelah kanannya.
8. Selesai, itulah cara untuk mengatasi dan Mereseter Error E08 Pada Printer MP287.

Demikianlah Cara Mengatasi Black Ink dan Color Ink Berkedip Pada Printer Canon Pixma, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel